This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

16 Ribu Pengungsi Korban Bencana Gempa dan Tsunami Palu Butuh Bantuan

16 Ribu Pengungsi Korban Bencana Gempa dan Tsunami Palu Butuh Bantuan

Penanganan bencana gempabumi M 7.4 dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Donggala terus lakukan.

Reruntuhan akibat tsunami. Dok : istimewa

Berdasarkan data yang telah didapati BNPB, konsentrasi pengungsi pertanggal sabtu, (29/09) pukul 17.00 WIB yakni tersebar sebanyak 16.732 pengungsi dan total meninggal dunia 384 jiwa.

Kerusakan materil dan infrastruktur diantaranya adalah Jembatan kuning Talise putus /ambruk, Hotel the Sya Regency ambruk (korban tertimbun).

Reruntuhan pemukiman warga Palu. Dok. Istimewa

All Tatura Ambruk (korban tertimbun), Hotel Santika rusak berat, Aksea jalan kebun kopi terputus, BTN Petoba Hancur, Kantor TVRI hancur korban tertimbun, perumnas Palu hancur dan amblas, tower bandara ATC terminal dan runway 200m rusak, anjungan pantai Talise.

Kebutuhan Mendesak saat ini yang harus dipenuhi antara lain ; BBM Solar premium, Air minum, obat2an. Tenaga medis. Tenda pengungsi. Water tank, bahan makanan, alat penerangan, genset, dapur umum, kantong mayat dan kain kafan.

 

Hingga saat ini satu-satunya akses yang bisa dilalui untuk kendaraan roda 4 yang hendak masuk ke Palu hanya dengan melalui Sulawesi Barat.

Untuk jalur Poso – Parimo – Palu hanya dapat di lalui oleh kendaraan roda 2, sebab saat ini jalan masuk ke Palu tepatnya di toboli sedang dipadati dengan kendaraan roda 4 yang hendak keluar masuk Palu namun tertahan dengan beberapa titik longsor di kebun kopi.

Sementara jalur Poso – Sigi – Palu, juga untuk saat ini masih belum bisa dilaluidikarenakan banyaknya lumpur yg keluar dari dalam tanah. (RM/FY)

Facebook Comments

About Fahmy Yusuf

Sarjana Humaniora Universitas Indonesia, Magister Pertahanan Universitas Pertahanan. Editorial Ruang Rakyat.