This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Afrika yang Semakin Kaya

Afrika yang Semakin Kaya

Afrika terkadang dideskripsikan sebagai benua yang penuh dengan kemiskinan dan ekonomi yang tertinggal. Saat ini kondisi Afrika telah mengalami peningkatan.

World Bank mencatat bahwa selama beberapa tahun, negara-negara Afrika menduduki posisi pertumbuhan ekonomi paling tinggi di dunia. Pada tahun 2018, enam dari sepuluh negara pertumbuhan GDP tertinggi berasal dari Afrika, dengan pertumbuhan diatas 6 hingga 8 persen. Sebagai perbandingan Indonesia hanya bertumbuh sekitar 5,3 persen pada tahun ini.

lalu apakah ekonomi Afrika mengalami kemajuan pesat? Bagaimana kemajuan ekonomi terjadi di Afrika?

Laporan World Bank menunjukkan Ethiopia, Pantai Gading, Djibouti, Senegal dan Tanzania mampu menjaga stabilitas pertumbuhan ekonominya diatas 6,5 persen selama tahun 2015 hingga 2018. Mereka juga diperkirakan akan menjaga stabilitas perkembanganya hingga tahun 2020.

Media Al Jazeera menyebutkan bahwa “Negara-negara Afrika tumbuh melampaui perkiraan”, sedangkan World Economic Forum mencatat bahwa seperlima dari GDP Afrika merupakan kontribusi dari negara-negara yang tidak tergantung pada sumberdaya alamnya, memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi, dan stabilitas ekonomi yang kuat.

Prestasi Ekonomi Negara-Negara Afrika

Beberapa negara Afrika dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi masih mengandalkan minyak dan ekspor barang mentah pertanian, seperti Pantai Gading yang sangat mengandalkan hasil pertanian cokelatnya, dan Ghana yang tahun ini kembali bangkit karena menguatnya harga minyak dunia.

Beberapa negara lainnya melakukan diversifikasi ekonomi hingga dapat mengandalkan sektor perekonomian selain energi dan bahan mentah. Seperti Tanzania yang selain sektor pertambangannya, juga didukung oleh sektor telekomunikasi dan perbankan.

Negara lainnya seperti Morocco mampu menciptakan kondisi yang menarik untuk tujuan wisata. Sedangkan kemajuan Djibouti didukung oleh pembangunan infrastruktur dan transportasi. Di Senegal, pemerintah dapat melakukan reformasi bisnis dan diversifikasi ekonomi yang meningkatkan produktivitas negara.

Kemajuan di Ethiopia juga dipengaruhi diversifikasi ekonomi, manufaktur, dan investasi pada infrastruktur. Sedangkan kemajuan di Rwanda dipengaruhi oleh adanya reformasi bisnis yang lebih ramah.

Berbagai Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Afrika

Meskipun beberapa negara Afrika sedang mengalami perkembangan ekonomi yang bagus, tidak seluruh negara Afrika sedang mengalami hal yang sama. Untuk dapat memahami perkembangan di Afrika, McKinsey Global Institute pada 2016 menggolongkan 3 kelompok negara-negara di Afrika berdasarkan kekuatan pertumbuhan ekonominya.

Pertama, negara-negara dengan pertumbuhan stabil adalah mereka yang mengalami pertumbuhan sekitar 5.8 persen selama 2010-2015, pertumbuhan mereka juga tidak bergantung pada sumberdaya alamnya, mereka memiliki reformasi ekonomi yang progresif dan daya saing tinggi. Mereka diantaranya Bostwana, Pantai Gading, Ethiopia Kenya, Mauritius, Morocco, Rwanda, Senegal, Tanzania, dan Uganda.

Kedua, kelompok pertumbuhan yang rapuh dan tidak stabil, mereka sangat bergantung pada sumber daya alamnya, memiliki masalah keamanan, dan pemerintahan yang tidak efektif. Seperti pada Nigeria, Kongo dan Angola.

Sedangkan kelompok ketiga, yaitu kelompok dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat rendah yang hanya tumbuh sekitar 1,3 persen setiap tahunnya. Negara-negara yang termasuk dalam golongan ini adalah negara yang mengalami revolusi Arab Spring seperti Libya, Mesir dan Tunisia.

Berbagai Masalah Perekonomian Afrika

Afrika masih memiliki berbagai masalah yang dapat mempengaruhi perekonomiannya. Seperti ancaman pemberontakan di Pantai Gading, protes terhadap presiden di Togo, hingga ketergantungan pada sumber minyak di Nigeria dan Angola, dan berbagai masalah lainnya.

Secara umum masalah perekonomian Afrika menurut Africa Exponent, yaitu:  pemerintahan yang buruk, korupsi, ketidak-mampuan pemerintah menyediakan lapangan kerja, ledakan jumlah penduduk, ancaman terorisme dan kriminal, hingga kekeringan.

Atas masalah yang sangat beragam, banyak negara yang masih rapuh secara ekonomi, politik maupun sosial. Disamping pertumbuhan fantastis beberapa negaranya, Benua Afrika rata-rata hanya mengalami pertumbuhan 3,8 persen pada tahun 2018.

Peluang di Masa Depan

Di masa depan, Afrika memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang dan mengalami kemajuan perekonomian yang pesat. McKinsey Global Institute mencatat beberapa peluang Afrika di masa depan :

Peluang pertama, yaitu Afrika akan mengalami urbanisasi yang sangat tinggi di masa depan, dengan jutaan penduduk yang diperkirakan akan tinggal di daerah perkotaan, maka akan meningkatkan produktivitas dan GDP negara.

Peluang kedua adalah akan hadirnya tenaga kerja muda dalam jumlah besar di Afrika pada tahun 2034. Dengan banyaknya populasi usia produktif, maka akan mendukung kemajuan ekonomi di masa depan.

Peluang ketiga adalah semakin terjangkaunya internet dan telepon genggam yang akan mempermudah bisnis, inklusivitas, pendidikan dan lainya.

Untuk mendukung berbagai peluang tersebut McKinsey juga menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan lebih banyak pendanaan pada pembangunan, melakukan pemberagaman ekonomi, meningkatkan pembangunan infrastruktur, menguatkan kerjasama regional, mempersiapkan generasi masa depan, dan menjamin urbanisasi yang sehat.

 

Sumber:

http://www.worldbank.org/en/publication/global-economic-prospects?mc_cid=628fd74c1c&mc_eid=f32c014688

https://www.mckinsey.com/featured-insights/middle-east-and-africa/lions-on-the-move-realizing-the-potential-of-africas-economies

https://www.weforum.org/agenda/2016/05/what-s-the-future-of-economic-growth-in-africa/

http://www.imf.org/external/datamapper/[email protected]/AFQ

https://www.aljazeera.com/news/2018/02/africas-lion-economies-growth-exceeds-forecasts-180222112354500.html

https://www.africa.com/africas-fastest-growing-economies/

http://www.africanreview.com/finance/economy/regional-economic-activity-regaining-momentum

https://www.africanexponent.com/post/8304-poor-governance-corruption-and-insecurity-major-problems-confronting-africa

 

 

Facebook Comments