This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Dengan Cara Ini Kamu Bisa Medapatkan Beasiswa di Dalam atau Luar Negeri

Dengan Cara Ini Kamu Bisa Medapatkan Beasiswa di Dalam atau Luar Negeri

 Tahukah kamu ada lebih dari ribuan beasiswa yang menanti lulusan sarjana untuk melanjutkan ke strata dua ataupun strata tiga. Sebelum memutuskan untuk mencari beasiswa, maka kamu harus pilih dulu beasiswa yang kamu inginkan, jurusan dan kampus yang kamu inginkan. dengan begitu maka kamu dengan mudah mendapat beasiswa sesuai dengan yang kamu cari.

1.      Kemampuan Bahasa Inggris

Mencari beasiswa berarti kamu harus mengenal dulu apa kemampuan kamu. bagaimana dengan Bahasa inggris kamu, apa yang kamu ingin dari beasiswa tersebut, lanjut kerja, membantu kuliah, atau hanya buat uang jajan saja. Setidaknya kamu memiliki skor TOEFL sekitar 450-500 dan ketika kamu menemukan beasiswa dan ternyata TOEFL kamu masih kurang maka kamu tinggal belajar bahasa inggris lebih giat lagi.

2.      Dapatkan Informasi Sebanyak dan Seakurat Mungkin

Biasanya pengumuman beasiswa dipampang di papan pengumuman ataupun di website atau iklan-iklan lainnya. Beasiswa LPDP, Beasiswa Dikti, ataupun beasiswa luar negeri lainnya selalu di-update oleh humas masing-masing di halaman website-nya. Jangan pernah tergiur oleh informasi simpang siur yang beredar di broadcast-broadcast mengenai cara instan mendapatkan beasiswa karena kebanyakan dari mereka hanya mencari keuntungan para pencari kampus.

3.      Rajinlah Menulis Artikel atau Jurnal Ilmiah

Menulis publikasi ilmiah menjadi salah satu aspek penting untuk memenuhi portofolio atau curriculum vitae. Bagaimanapun, seseorang yang telah menghasilkan karya tulis ilmiah terpublikasi melalui proses peer-review telah terbukti mampu berpikir terstruktur sesuai dengan peraturan yang berlaku. Publikasi ilmiah yang dicantumkan dalam portofolio memudahkan seseorang untuk memperoleh beasiswa, kesempatan studi S2 dan S3, bekerja sebagai peneliti. Semakin banyak karya kamu yang dipublikasikan maka semakin besar peluang kamu mendapatkan beasiswa dari berbagai instansi.

4.      Carilah Rekomendasi yang Sesuai

Rekomendasi menjadi penting ketika di dalam persyaratan dibutuhkan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa. Lalu dari siapa yang pantas memberikan rekomendasi kepada kamu yang baru lulus ?

Dari dosen kamu tentu saja. Pastikan jika kamu mencari rekomendasi ini carilah dosen yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Contohnya kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen yang sudah bergelar S3 (doktor) dibandingkan dosen yang masih bergelar S2 (master). Selain itu pastikan juga dosen tersebut memiliki jabatan khusus di kampusmu. Semakin tinggi jabatan strukturalnya maka rekomendasinya akan semakin dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

Sisanya kamu bisa terus berlatih, mencoba, dan tentu saja berdoa kepada Tuhan YME agar tujuan kamu bisa tercapai mendapatkan beasiswa demi kemajuan rakyat Indonesia.

Facebook Comments

About Redaksi Ruang Rakyat

RuangRakyat memberikan ruang bagi kamu yang ingin menuangkan gagasan ke seluruh rakyat Indonesia.