This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Festival Daul Combo-Dug Bagian Dari Tradisi Madura

Festival Daul Combo-Dug Bagian Dari Tradisi Madura

SAMPANG – Parade Musik Daul Combo dan Dugdug yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kec.Pangarengan dan Jawa Pos. berjalan dengan meriah, ribuan penonton membanjiri sepanjang jalan protokol Kec. Pangarengan, Sabtu (25/08/2018) malam.

Daul Combo adalah suatu istilah yang populer di Madura khususnya di Sampang, terutama pada waktu bulan puasa.

Daul Combo adalah suatu group musik, yang berfungsi untuk membangunkan orang lain supaya segera bangun untuk makan sahur. Hal ini sampai sekarang menjadi tradisi setiap tahun.

Ul-daul, bagi masyarakat Madura, merupakan fenomena seni (musik) tradisi yang mulai banyak diminati masyarakat. Un-daul, pada prinsipnya sebagai musik perkusi yang tidak banyak membutuhkan pengalaman musik dalam memainkannya. Fenomena Un-daul sebenarnya merupakan pengembangan musik Tong-tong, yang sejak awal menjadi musik yang berciri khas Madura yang dimainkan dengan pukulan monoton namun melahirkan irama dinamis sebagaimana musik-musik perkusi umumnya.

Sedangkan Daul Dug-dug adalah merupakan seni musik Madura yang bercirikan alat musik yang bernama Dug-dug. Alat musik ini mulai dulu sudah terkenal bahwa alat musik tersebut merupakan ciri khas masyarakat Madura.

kerlap-kerlip lampu menghiasi dekorasi masing-masing kelompok musik daul, dipadu dengan berbagai aksesoris, menambah semarak pesta malam ini. Start arade musik daul tersebut dimulai dari depan Kantor Kecamatan Pangarengan dan finish di Jembatan Pangarengan. Acara Musik Daul diikuti sebanyak 9  peserta diantaranya 6 peserta daul combo dan 3 daul Dug-dug.

Warga sangat antusias dalam Acara memperingati hari kemerdekaan kali ini. Salah satunya Alina “Saya sangat bangga atas terselanggaranya acara ini terimakasih untuk semua peserta yang memberi hiburan yang sangat malam ini” tutur Mahasiswi asal Surabaya tersebut. (Arik/Sampang)

Facebook Comments

About Redaksi Ruang Rakyat

RuangRakyat memberikan ruang bagi kamu yang ingin menuangkan gagasan ke seluruh rakyat Indonesia.