This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Inilah 7 Jenis Makanan Yang Bisa Bikin Panjang Umur

Inilah 7 Jenis Makanan Yang Bisa Bikin Panjang Umur

Di era modern ini, banyak sekali makanan cepat saji yang kurang memiliki manfaat selain untuk mengenyangkan perut saja. Hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan kita dalam jangka waktu panjang ke depannya. Nah, untuk tetap menjaga kesehatan dan membuat hidup kita lebih baik konsumsilah makanan-makanan sehat yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Berikut ini ada 7 jenis makanan, yang akan mambantu kita menjaga kesehatan, sehingga akan memperbesar kesempatan hidup menjadi lebih lama:

  1. Makanlah Lebih Banyak Ikan


Mengonsumsi lebih banyak ikan akan menurunkan risiko meninggal akibat serangan jantung, stroke, dan diabetes. Penyakit-penyakit seperti itu telah umum terbukti membuat sulit untuk bisa bertahan hidup lebih lama. Salah satu alasan untuk makan ikan adalah tingginya kandungan asam lemak omega-3, yaitu minyak tak jenuh ganda yang akan  menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, stroke, darah tinggi dan diabetes. Penelitian membuktikan, orang yang mengonsumsi ikan mengandung minyak seperti tuna, sarden, herring, tengiri, ikan teri, ikan trout  dan salmon memiliki tingkat kematian terendah. Disarankan untuk mengonsumsi ikan sebanyak 2-3 porsi per minggu.

 

  1. Jadikan Timun Sebagai Teman Makan


Selain untuk menghiasi piring, ternyata timun memiliki banyak manfaat yang sangat penting untuk kesehatan! Masyarakat Jepang pada umumnya memiliki umur yang cukup panjang dibandingkan negara-negara lainnya, angka harapan hidup masyarakat Jepang terkadang dikaitkan dengan konsumsi makanan mereka yang sehat, dan salah satu yang sudah menjadi rahasia umum adalah Timun. Bahkan salah satu penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi timun sangat baik untuk kalian yang senang dengan olahan makanan dengan dibakar, karena Timun dapat mencegah zat karsinogenik yang muncul dari makanan hasil pembakaran yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker, maka dari itu, nikmatilah timun di piring kalian dengan senang hati.

 

  1. Sarapan Oatmeal


Oatmeal mengandung serat larut, yang  akan mengontrol jumlah kadar kolesterol, menstabilkan gula darah, mencegah kenaikan berat badan karena mencegah rasa cepat lapar. Serat larut juga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan dan menggunakan insulin, sehingga akan terhindar dari diabetes dan penyakit jantung. Disarankan untuk makan setengah cangkir oatmeal kering per hari.

 

  1. Perbanyak Konsusmsi Sayuran Hijau Tua


Baik dimakan secara mentah, direbus, atau dikukus , sayuran berwarna hijau tua mengandung konsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi, yang dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung, stroke, diabetes, penyakit pembuluh darah, dan beberapa jenis kanker. Sayuran berwarna gelap yang disarankan adalah kangkung, paprika, brokoli, kubis, dan bayam. Orang yang mengonsumsi/diet lebih banyak sayur hijau bisa diasosiasikan dengan hidup lebih lama dan sehat. Di sarankan makan 2-3 porsi sayuran per hari

 

  1. Buah-buahan


Buah-buahan memberikan manfaat yang tak jauh beda dengan sayuran. Buah juga tinggi antioksidan, terutama apel, plum, buah beri, juga delima. Buah-buahan lain seperti pepaya mengandung betakaroten, vitamin A, dan vitamin lainnya. Alpukat juga dikenal mengandung lemak tak jenuh(kolesterol baik), dimana baik untuk menjaga kesehatan jantung dan kardoivaskular. Buah jeruk sangat dikenal mengandung antioksidan vitamin C dalam jumlah yang tinggi, yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanlah buah yang bervariasi, 1-2 porsi setiap hari karena pada dasarnya sangat banyak buah yang tinggi vitamin dan bermanfaat untuk tubuh kalian.

 

  1. Minum Teh Hijau


Sifat obat teh telah terdokumentasikan selama berabad-abad. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam teh dapat menurunkan tingkat peradangan, anti radikal bebas, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, dan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker tertentu. Catechin yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat membantu untuk menjaga berat badan, karena dapat mempengaruhi tingkat penggunaan lemak untuk energi otot-otot kita. Nikmati teh hijau 1-2 cangkir per hari, dan lebih baik jika diminum hangat tanpa menggunakan gula.

 

  1. Bawang Putih


Menkonsumsi bawang putih juga dapat membantu kita untuk hidup lebih lama. Senyawa-senyawa allium dalam bawang putih telah dikenal memiliki sifat obat. Bawang putih juga telah digunakan untuk mengobati infeksi, sirkulasi darah tidak lancar, dan kanker. Senyawa dalam bawang putih juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan termasuk melawan perkembangan sel-sel abnormal (kanker/tumor). Bawang putih bisa dikonsumsi mentah atau dimasak. Cobalah ambil 1-2 siung bawang putih yang panggang, untuk dimakan bersama makanan sehari-hari Anda, atau gunakan bawang putih dalam masakan-masakan sehari-hari anda untuk mendapatkan manfaatnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kita semua demi hidup yang lebih sehat dan lebih bahagia!

 

Sumber: carakhasiatmanfaat.com, google picture.

Facebook Comments

About Yang Leprilian

Seorang pegawai BUMN yang hobi menulis. Memiliki minat dan ketertarikan pada dunia olahraga, gaya hidup dan makanan sehat.