This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Pembuktian Teori Einstein Melalui Foto Perdana Black Hole

Pembuktian Teori Einstein Melalui Foto Perdana Black Hole

Blackhole berhasil difoto untuk pertama kalinya, berita yang sangat menakjubkan di tahun 2019 bagi seluruh umat manusia. Terlebih foto ini juga menguatkan teori Black Hole yang diperkenalkan oleh Albert Einstein setengah abad silam.

Apa sih lubang hitam itu? Secara sederhana para ahli menjelaskan, black hole adalah bagian dari dimensi ruang dan waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur.
Teori relativitas umum memprediksi butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu.

Lubang hitam itu ditemukan di galaksi M87 yang terletak sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Virgo. Berbeda dengan spiral Bima Sakti yang menakjubkan, M87 adalah galaksi elips raksasa yang blobby.

“Ini merupakan proyek visioner, mengambil foto pertama lubang hitam. Kami tim kolaborasi lebih dari 200 orang secara global,” kata astrofisikawan Shepherd Doeleman, sebagaimana ditulis Reuters dilansir Antara.
Lubang hitam pertama bernama “Sagittarius A”, berlokasi di pusat Galaksi Bima Sakti. Sagittarius A berukuran empat juga kali massa matahari, jaraknya 26.000 tahun cahaya dari bumi.
Jarak satu tahun cahaya mencapai 9,5 triliun kilometer. Lubang hitam kedua dinamai M87, letaknya di dekat pusat Galaksi Virgo, berukuran 3,5 miliar kali matasari dan jaraknya 54 juta tahun cahaya.

Lubang hitam atau black hole, adalah ruang yang terbentuk ketika bintang-bintang besar hancur di akhir masa hidup mereka. Ukuran lubang hitam bervariasi, lubang hitam supermasif merupakan yang terbesar, melahap material dan radiasi dan juga bergabung dengan lubang hitam lainnya.

Meskipun sulit, sebuah tim internasional yang terdiri dari lebih dari 200 peneliti akhirnya berhasil membuat foto lubang hitam pertama kali dalam sejarah, Rabu (10/4/2019).

Katie Bouman belum lama lulus pascasarjana dari Massachusetts Institute of Technology, ketika tiga tahun lalu ia mendapat tugas memimpin tim penciptaan algoritma black hole.

Katie Bowman mengatakan “Kami tidak ingin hanya mengembangkan satu algoritme. Kami ingin mengembangkan banyak algoritme berbeda yang semuanya memiliki asumsi yang berbeda di dalamnya. Jika semuanya memulihkan struktur umum yang sama, maka itu membangun kepercayaan diri Anda.”

Bouman dianggap orang yang tepat karena dia ahli dan menekuni ilmu komputer dan kecerdasan buatan di kampus teknik paling top sedunia ini.

Lubang hitam di pusat galaksi M87 ini sangat jauh dan padat. Jadi mengambil foto bukanlah tugas yang mudah.

Selain itu, lubang hitam menurut definisi seharusnya tidak terlihat, meskipun mereka dapat mengeluarkan bayangan ketika mereka berinteraksi dengan materi di sekitar mereka.

Jaringan global teleskop yang dikenal sebagai proyek Event Horizon Telescope mengumpulkan jutaan gigabyte data tentang M87 menggunakan teknik yang dikenal sebagai interferometri.

Hasilnya kemudian adalah muncul gambar inovatif dari struktur miring seperti cincin yang diprediksi Albert Einstein lebih dari seabad yang lalu dalam teorinya tentang relativitas umum.

Para peneliti telah menghasilkan beberapa foto dan semuanya terlihat sama. Gambar lubang hitam yang disajikan pada hari Rabu bukan dari satu metode, tetapi semua gambar dari algoritma yang berbeda yang dikaburkan bersama.

Facebook Comments

About Redaksi Ruang Rakyat

RuangRakyat memberikan ruang bagi kamu yang ingin menuangkan gagasan ke seluruh rakyat Indonesia.