This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Penting! Dalam Keadaan Darurat Semua Bisa Jadi Penolong

Penting! Dalam Keadaan Darurat Semua Bisa Jadi Penolong

RuangRakyat — Anggapan memiliki anggota keluarga yang merupakan tenaga medis adalah suatu nilai tambah dalam keluarga, dengan asumsi jika ada yang sakit bisa langsung ditolong. Apakah anggapan ini selalu benar?

Buktinya masih sering kita mendapati kejadian dokter meninggal karena serangan jantung, seperti yang kejadian Desember 2017 lalu dimana seorang dokter muda meninggal dunia karena serangan jantung. Sebelumnya  pada 28 Juni 2017 bahwa seorang dokter meninggal dunia akibat serangan jantung di ruang jaga di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Lantas, apakah hanya tenaga medis saja yang harus memiliki kemampuan pertolongan pertama?

Mengutip dari IFRC, pertolongan pertama atau first aid merupakan bantuan segera yang dilakukan kepada orang sakit atau terluka sampai bantuan professional tiba. Adapun tujuan utama dari pertolongan pertama adalah “mempertahankan” kondisi korban. Mempertahankan memiliki pengertian bahwa tidak memperparah kondisi korban.

Maka dari itu, penting untuk setiap orang memiliki pengetahuan pertolongan pertama. Terutama untuk para ibu yang memiliki buah hati yang masih aktif-aktifnya. Beberapa pengetahuan dasar terkait pertolongan pertama yang ibu dan juga ayah wajib ketahui adalah cara melakukan pertolongan pada anak tersedak. Tidak jarang kita mendengar anak meninggal karena tersedak biji rambutan atau jajanan seperti cilok. Ibu-ibu bisa melakukan pertolongan pertama seperti gambar dibawah ini:

sumber: balitapedia.com

Selain itu, anak-anak yang gemar bermain kadang lepas dari pantauan orang tuanya dan tercebur ke kolam. Ibu dan ayah dapat melakukan pertolongan pertama dengan membebaskan jalan nafas dengan cara memiringkan kepala, perhatikan adanya nafas atau sesak.

Bila anak tidak bernafas segera berikan bantuan nafas buatan, sambil terus memantau denyut nadi. Bila denyut nadi tidak ada maka lakukan pijatan jantung dan segera hubungi nomor emergensi 112 atau layanan kegawatdaruratan lainnya.

ilustrasi pijat jantung pada anak

Bagaimana ibu dan ayah? Siap menjadi penolong pertama? Menjadi penolong pertama memerlukan pelatihan khusus yang dilatih oleh orang-orang terlatih seperti petugas penolong pertama PMI, petugas ambulance, dokter, perawat dan tenaga terlatih lainnya. Jadi siapkan diri dimulai dari keluarga kita.

Selain pengetahuan dan keterampilan dalam pertolongan pertama, ibu dan ayah juga harus menyiapkan perbekalan pertolongan pertama atau sering disebut kotak P3K. Kira-kira isinya apa aja ya? Tunggu tulisan berikutnya ya.

Facebook Comments

About Febi Dwi Putri

Lulusan Fakultas Keperawatan UNPAD Menekuni bidang kegawatdaruratan dan kebencanaan. Senang berdiskusi positif dan bercita-cita untuk menebar manfaat seluas-luasnya.