This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Sabu-Raijua “Surga Kecil yang Tersesat di Tengah Samudera”

Sabu-Raijua “Surga Kecil yang Tersesat di Tengah Samudera”

Melakukan perjalanan ke Timur Indonesia memang tidak lengkap bila tidak mengunjungi provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste yakni Nusa Tenggara Timur (NTT). NTT beribukota di Kupang berada di dataran pulau timor, apa yang pembaca ingat dari Kupang kalau bukan ikan segar hasil baharinya yang kaya. Eits, tunggu dulu! Tidak hanya itu, provinsi kepulauan ini juga memiliki ribuan wisata menarik lainnya yang tidak lepas dari kekayaan alam bahari dan savananya.

Laut lepas yang berbatasan langsung dengan samudera hindia

Perjalanan kali ini, penulis berkesempatan mengunjungi Pulau Sabu atau disebut juga Pulau Sawu yang merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Kupang sejak tahun 2008. Kini Pulau Sabu merupakan daerah otonom yang dikenal dengan Kabupaten Sabu-Raijua “Surga Kecil yang Tersesat di Tengah Samudera” begitu orang mengenal Kabupaten yang memiliki dua pulau terpisah ini yakni Pulau Sabu dan Raijua.

Ada satu tempat terbaik bagi pengunjung Pulau Sabu yang akan sayang bila dilewatkan, berjalan mengendarai kendaraan roda empat memang bukanlah cara terbaik namun akan terbayarkan saat sampai ke lokasi objek wisata Kelabba Maja, Desa Hawu Mehara Pulau Sabu. Kelabba Maja dikenal masyarakat setempat sebagai tempat para dewa, tempat yang sakral dan dipenuhi keindahan.

Kelabba Maja: Masyarakat setempat memercayai bahwa Kelabba Maja menjadi tempat berkumpulnya Dewa

Tak jarang keindahan Kelabba Maja sering disandingkan dengan beberapa objek wisata ternama dunia lainnya. Sebut saja bukit warna-warni Oregon, gunung pelangi di Zhangye Danxia, China dan juga Grand Canyon di Amerika. Bukan hanya itu, keindahan Kelabba Maja juga bersanding dengan Kapadokia, Turki tempat yang memiliki keindahan alam dan wisata balon udara.

Gunung Pelangi di China. Source:https://www.hidayatullah.com/

Eksotisme pemandangan Kalabba Maja

Namun sayangnya, akses menuju lokasi Kelabba Maja masih terbatas. Jalan yang terjal dan berbatu membutuhkan pengalaman ekstra bagi si pengemudi. Akses yang masih tertinggal ini menjadi tantangan bagi Pemerintah Sabu untuk meningkatkan daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sehingga, bukan saja Labuan Bajo yang menjadi daya tarik NTT namun juga Sabu-Raijua Surga yang Tersesat di Tengah Samudera.

 

 

Facebook Comments

About Febi Dwi Putri

Lulusan Fakultas Keperawatan UNPAD Menekuni bidang kegawatdaruratan dan kebencanaan. Senang berdiskusi positif dan bercita-cita untuk menebar manfaat seluas-luasnya.