This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Tips Mengelola Stress dan Cemas berlebih

Tips Mengelola Stress dan Cemas berlebih

Seringkali rasa stress timbul dari khawatir atau cemas yang berlebih mengganggu aktifitas sehari-hari dan menurunkan prestasi kerja. Banyak cara yang telah dicoba untuk mengurangi rasa cemas seperti menyibukkan diri dengan aktifitas-aktifitas positif, membaca, berkumpul bersama teman, atau berolahraga. Tapi pernahkah kita memberikan kesempatan pada rasa cemas untuk datang dan berhadapan dengan kita “face to face”.

Memang tidak mudah untuk berkata pada diri sendiri untuk “Jangan khawatir, tidak ada yang perlu dicemaskan”, usaha yang berlebih untuk menenangkan diri lebih sering memperparah kondisi cemas itu sendiri. Untuk itu, mari kita coba salah satu teknik “mengatur” rasa cemas yang dikembangkan oleh Prof. Ad Kerkhof seorang praktisi klinis psikologi di Belanda yang mengembangkan cara mengurangi rasa cemas.

Prof. Ad Kerkhof mencobakan teknik untuk mengurangi rasa cemas pada pasien-pasien yang dating kepadanya dengan beberapa langkah sebagai berikut:

2×15 Menit Sehari

Jarang kita memberikan waktu pada diri kita untuk benar-benar berhadapan dengan rasa cemas kita. Menjadwalkan 2 kali 15 menit dalam sehari untuk rasa cemas, setiap kali cemas muncul diluar waktu tersebut maka katakana “not now” atau tidak sekarang.

Kelola Cemas dengan Profesional

Membingungkan memang, tapi jangan biarkan rasa cemas terus mengikutimu di waktu tidur dan jam kerjamu. Oleh karena itu, perlakukan cemas dengan professional seperti bekerja. Cari sebab cemas dan selesaikan satu persatu.

5 Menit Setiap Malam

Ingat hanya 5 menit dan tidak lebih untuk memikirkan dan merenungkan rasa cemas atau kekhawatiran yang sedang kamu hadapi.

10 Menit yang Berarti

Jadwalkan 10 menit waktu setiap malam untuk perasaan cemas yang positif. Buka kembali memori kenangan bahagia anda dan letakan rasa bangga serta perlakukan kenangan itu sebagaimana kamu memperlakukan rasa cemas tersebut. Pikirkan kenangan-kenangan yang membuat anda merasa bahagia dan bermakna.

Jika rasa cemas dan khawatir datang diluar jadwal yang telah anda tentukan, cari cara positif untuk mengalihkannya. Bisa dengan membaca buku yang menyenangkan, mengobrol dengan teman dan melakukan hobi yang kamu sukai.

Ingat teknik ini dilakukan bukan untuk mengabaikan rasa cemas atau khawatir anda melainkan untuk menyelesaikannya di waktu yang tepat. Dengan memberikan waktu khusus untuk anda menyelesaikan rasa cemas anda akan lebih fokus dengan pekerjaan dan prestasi positif lainnya.

 

Dikutip dari BBC Radio: How to Manage Your Worries

http://www.bbc.co.uk/programmes/p03rwr72

Facebook Comments

About Febi Dwi Putri

Lulusan Fakultas Keperawatan UNPAD Menekuni bidang kegawatdaruratan dan kebencanaan. Senang berdiskusi positif dan bercita-cita untuk menebar manfaat seluas-luasnya.