This is the default blog title

This is the default blog subtitle.

Sepenggal Kisah Dari Film Mini Seri Terbaik “Chernobyl”

Sepenggal Kisah Dari Film Mini Seri Terbaik “Chernobyl”

Kisah bencana ledakan reaktor nuklir ini, seperti diceritakan dalam miniseri yang disiarkan HBO/Sky, mendapat penilaian 9,6 di situs IMDb, menjadikannya serial ini menjadi tayangan TV peringkat atas.

Orang-orang Rusia dan Ukraina telah menontonnya melalui internet dan miniseri ini menjadi film yang paling digemari, menurut situs rating Rusia, Kinopoisk.

Beberapa jam setelah bencana nuklir terburuk di dunia, insinyur Oleksiy Breus memasuki ruang kendali reaktor nomor 4 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina.

Sebagai anggota staf pembangkit listrik sejak 1982, dia menjadi saksi hidup apa yang terjadi setelah ledakan yang terjadi pada 26 April, 33 tahun lalu.

Oleksiy Breus 20 tahun setelah bencana

“Saya sangat terkejut mereka bahkan membawa kita ke sana,” tutur Breus, mengisahkan tentang pagi hari setelah ledakan terjadi.

“Reaktornya terlihat sangat hancur, seperti tidak ada yang tersisa di sana.”

Beberapa dari kejadian yang dia saksikan pagi hari itu secara realistis digambarkan dalam mini seri dengan lima episode itu, katanya, namun bebera yang lain dia gambarkan sebagai fiksi.

“Bencana Chernobyl digambarkan dengan cara yang sangat kuat, sebagai bencana global yang menyerap sejumlah besar orang. Juga, emosi dan suasana hati pada waktu itu ditampilkan dengan sangat tepat, baik di antara personel maupun pihak berwenang.

Breus mengatakan pencipta serial Chernobyl menunjukkan efek radiasi pada tubuh manusia dengan baik.

Beberapa jam setelah ledakan, ia berbicara dengan Oleksandr Akimov, pemimpin giliran kerja di reaktor No. 4, dan operator Leonid Toptunov, yang keduanya tampil menonjol di serial ini.

“Mereka tidak terlihat sehat, lebih tepatnya,” katanya.

“Jelas mereka merasa sakit. Mereka sangat pucat. Toptunov benar-benar memucat.”

Dalam dua minggu, baik Akimov dan Toptunov meninggal di rumah sakit Moskow karena sindrom radiasi akut (ARS).

“Saya melihat rekan-rekan lain yang bekerja malam itu. Kulit mereka berwarna merah cerah. Mereka kemudian meninggal di rumah sakit di Moskow.”

Pada pukul setengah dua pagi, sebuah alarm berbunyi berbunyi di Chernobyl ketika para petugas sedang melakukan pengujian. Panel kontrol menandakan terjadi krisis besar di reaktor nomor empat. Terjadi lonjakan  energi secara tiba-tiba yang membuat  reaktor terlalu panas dan akhirnya meledak. Diperkirakan, daya ledaknya setara dengan 500 bom nuklir.

Saat udara tersedot ke dalam reaktor yang hancur, itu memicu gas karbon monoksida yang mudah terbakar. Akibatnya, kebakaran terjadi di Chernobyl selama sembilan hari.

diatas reaktor nomer 3

Atap reaktor yang meledak itu melepaskan debu partikel radioaktif ke atmosfer. Menurut data resmi setelah kecelakaan, sekitar 60% materi radioaktif jatuh di Belarusia. Hujan beracun merusak tanaman dan menyebabkan mutasi hewan di sana.

Selain itu, efek yang menghancurkan juga dirasakan di negara Skandinavia, Swiss, Yunani, Italia, Prancis dan Inggris.

Jumlah radiasi dari bencana ini, 100 kali lebih besar dibanding bom atom yang dijatuhkan AS di Nagasaki dan Hiroshima, Jepang.

Pemerintah Uni Soviet menunggu selama 24 jam untuk mengevakuasi penduduk di kota terdekat Chernobyl, Pripyat. Lebih dari 100 ribu orang dievakuasi dari wilayah tersebut setelah bencana terjadi. Mereka tidak diperbolehkan untuk kembali ke rumahnya.


Dalam runtime terbatasnya, Chernobyl berhasil menunjukkan kepada kita lingkup tragedi yang luas dari sudut pandang korban. Anak petak ini bertemu dalam kisah yang memilukan dari seorang wanita muda yang sedang hamil, Lyudmilla Ignatenko, yang suaminya petugas pemadam kebakaran, Vasily, adalah salah satu responden pertama yang ditugaskan memadamkan api, tanpa sadar berjalan ke dalam perangkap kematian radioaktif.

Ada juga satu momen mengerikan dalam episode kedua dari belakang yang menunjukkan seorang prajurit muda yang diperankan oleh Barry Keoghan bertugas membunuh semua hewan yang tersisa di daerah itu sehingga mereka tidak akan menyebarkan radiasi. Keduanya hanyalah beberapa contoh dari biaya yang disebabkan oleh tragedi ini.

Dan sangat penting bagi inti emosional dan narasi acara untuk memberi kita kesaksian bahwa hidup dipertaruhkan ketika Anda terus berbohong. Hal yang begitu piawai dalam penulisan Craig Mazin adalah bahwa hal itu dapat dengan mudah membuat pertunjukan itu terlalu menekan atau digunakan sebagai alat propaganda melawan tenaga nuklir atau Komunisme secara umum, tetapi Craig Mazin terlalu pintar untuk membiarkan acara itu berputar. ujung yang dalam.

Sebagai gantinya, ia memberikan pertunjukan itu nada yang lebih penuh harapan dengan menampilkan dinamika ketiga pahlawan, Legasov, Shcherbina, dan Khomyuk, yang bersedia mempertaruhkan karier, keluarga, dan kehidupan mereka untuk mendapatkan kebenaran tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Perjuangan mereka untuk mengalahkan pertarungan politik dan permainan menyalahkan ini memberi kita harapan bahwa masih ada beberapa orang di luar sana yang akan berjuang untuk kebenaran. Jumlah mereka mungkin sedikit, tetapi yang benar-benar penting adalah kita mengatakan yang sebenarnya, meskipun itu akan menyakitkan, atau mungkin membunuh kita di beberapa titik.

Di dunia di mana orang berusaha merasa nyaman menggunakan fasad palsu, adalah tugas kita untuk mulai jujur ​​dan menghadapi kebenaran. Siapa tahu, mungkin kebenaran bekerja seperti kebohongan, bahwa jika kita mengatakan kebenaran dan hanya kebenaran, orang akan mulai menumpuknya, karena mereka akan beradaptasi dengan kebenaran tidak peduli betapa tidak nyamannya itu. Jika kebohongan bisa dipertahankan, kita percaya kebenaran juga bisa.

 

sumber :

https://nationalgeographic.grid.id/read/13310060/bencana-chernobyl-apa-yang-sebenarnya-terjadi-32-tahun-lalu?page=all

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-48605251

https://www.thejakartapost.com/life/2019/06/18/chernobyl-disaster-porn-of-human-lies-incompetence.html

Facebook Comments

About Redaksi Ruang Rakyat

RuangRakyat memberikan ruang bagi kamu yang ingin menuangkan gagasan ke seluruh rakyat Indonesia.